Pages

Senin, 15 April 2013

Web Evaluation "Mengevaluasi Sebuah Website"


Semenjak ditemukanya internet sebagai salah satu media komunikasi dan informasi, website merupakan produk teknologi informasi yang terbilang paling populer, namun terkadang banyak website yang hadir tanpa kualitas yang bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi yang dibawa. Kualitas sebuah website tentunya tergantung kepada pengujian dan pengawasan terhadap kualitas website itu sendiri.
Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter sebagai acuan dalam penilaian kita. Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :
  • Accesibility
Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA ?.
  •   Readibility

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.
  •   Speed

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik. 
  • Content

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.
  •   Technology

Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.

Nah, setelah mengetahui parameter – parameter umum dalam menilai sebuah website, kita telah dapat melakukan evaluasi terhadap suatu website termasuk website kita sendiri.  Biasanya, dalam penilaiaan suatu web dilakukan oleh lembaga pemeringkatan. Namun, sekarang kita juga dapat melakukan pengevaluasian terhadap website. Yaitu dengan menggunakan tools atau mesin pemeringkat sebuah website. Sekarang ini sudah banyak sekali mesin pemeringkat online yang bisa kita gunakan sebut saja sitescore, pagerank, nibbler, sitebeam, dan lain-lain. Biasanya tiap mesin pemeringkat tersebut telah dilengkapi dengan parameter – parameter penilaian masing-masing.

 Sebagai contoh untuk mengevaluasi sebuah web kita dapat menggunakan sitebeam. Kalau menurut saya sitebeam sangat bagus dalam mengevaluasi atau bahkan membandingkan sebuah website karena sitebeam menggunakan parameter yang lengkap dan jelas. Sebagai contoh saya akan membandingkan dua buah website yaitu lepma.gunadarma.ac.id dan pusatstudi.gunadarma.ac.id menggunakan sitebeam.
 Langkah pertama, tentunya masuk ke situs sitebeam yaitu http://sitebeam.net/. Nah, sitebeam merupakan aplikasi yang bersifat premium. Jadi kita terlebih dahulu harus membayar untuk menggunakannya. Namun, karena kita hanya menggunakannya untuk mengevaluasi 2 website. Kita dapat menggunakan versi trial dari sitebeam tersebut. Tapi kita dibatasi hanya dapat menggunakan untuk mengevalusi paling banyak 10 situs. Pada sitebeam ini kita hanya tinggal memasukkan url dari situs yan ingin kita evaluasi. Seperti contoh dibawah ini :


Setelah itu klik start, maka secara otomastis sitebeam akan mulai mengevaluasi situs anda tersebut. Nah, lakukan langkah tersebut pada kedua website yang akan kita evaluasi. Berikut merupakan hasil dari evaluasi kedua website tersebut :  
































Kedua gambar diatas menunjukkan hasil penilaian dari situs tersebut. Kita bisa melihat bahwa sitebeam melakukan penilaian dari berbagai aspek dengan sangat lengkap. Terlihat pada gambar ada dua bagian penilaian. Yang bagian kanan merupakan penilaian secara umum atau keseluruhan. Sedangkan pada bagian kiri terdapat penilaian yang lebih detil.

Dengan melihat hasil overall (Total Keseluruhan) saja kita sudah dapat menarik kesimpulan mana situs yang memiliki evaluasi lebih baik. Terlihat nilai overall lepma.gunadarma.ac.id lebih tinggi dibandingkan pusatstudi.gunadarma.ac.id yaitu 4,5 berbanding 2,5. Namun, bisa dikatakan kedua website tersebut masih dibawah standar. Karena biasanya website yang baik minimal memegang nilai overall sebanyak 5,0.
Mengingat banyak sekali parameter yang digunakan pada sitebeam. Maka saya hanya akan menjelaskan dua parameter saja. mengingat pada pembukaan tadi telah saya singgung mengenai parameter umum yang biasa digunakan dalam sebuah penilaian. Maka saya akan membahas parameter tentang Readibility dan Speed pada kedua website tersebut.
Pada sitebeam kita dapat menilai sebuah website dari seberapa baik kecepatan tampilnya atau juga rata-rata kecepatan download per-halaman. Cukup dengan mengklik parameter speed maka kita akan dijelaskan "Bagaimana cara menilai speed suatu website tersebut oleh sitebeam ?". 

1. Speed pada lepma.gunadarma.ac.id

Pada gambar kita dapat melihat cara penilaian untuk parameter speed melalui load time dan response time nya. Selain itu, pada bagian ini kita juga dapat melihat rata-rata ukuran per-halaman dari website tersebut.
2. Speed pada pusatstudi.gunadarma.ac.id


Untuk parameter speed tampak lepma.gunadarma sedikit lebih rendah dibanding pusatstudi.gunadarma. Itu disebabkan response dan load time nya lebih cepat. Tapi hal itu bisa saja disebabkan karena ukuran halaman pusatstudi.gunadarma yang lebih kecil dibandingkan lepma.gunadarma. Hingga mengakibatkan pusatstudi.gunadarma menjadi lebih cepat.

Selain speed, readibility juga sangat berpengaruh dalam penilaian suatu website kemudahan membaca. Selain itu pada bagian readibility kita juga dapat merata-ratakan berapa usia pengunjung yang masuk pada website tersebut sebagai contoh kita akan melihatnya pada gambar dibawah.

Rata-rata usia pengunjung yang mengunjungi website lepma.gunadarma.ac.id

 
Nah, terlihat bahwa rata-rataa usia pengunjung situs berada di kisaran 15 tahun. Selain itu dengan nilai situs tersebut mencapai 7,4 menunjukkan bahwa website tersebut sudah mampu membuat kenyaman pada pengunjungnya dalam hal kemudahan membaca serta memahami isi bacaan tersebut.

Nah, itu merupakan 2 dari sekian banyak parameter yang bisa kita gunakan sekaligus dipelajari yang terdapat dalam sitebeam. Dengan begitu, kitapun juga dapat mengevaluasi website kita sendiri agar menjadi lebih baik. Kalau anda masih penasaran silahkan anda mencoba sendiri menggunakan mesin pemeringkat ini. selamat mencoba

4 komentar:

Menilai dan menganalisa suatu desain website dari berbagai macam sudut pandang, selengkapnya --> Analisis Desain Website

terima kasih atas informasinya, jadi nambah pengetahuan saya
http://obatasamuratagaricpro.com/manfaat-pengobatan-herbal-untuk-penderita-hernia/

Web Evaluation "Mengevaluasi Sebuah Website" ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Web Evaluation "Mengevaluasi Sebuah Website" ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Web Evaluation "Mengevaluasi Sebuah Website" ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More